Berapa Biaya Admin TikTok Shop 2024? Ini Perhitungannya! - Our Donuts
berapa biaya admin tiktok shop 2024

Berapa Biaya Admin TikTok Shop 2024? Ini Perhitungannya!

Berjualan di marketplace TikTok tidak membutuhkan biaya. Anda bisa membuka toko sendiri dan mulai berjualan secara gratis. Pertanyaanya kemudian adalah, darimana TikTok menghasilkan keuntungan jika seller mungkin membuka toko tanpa biaya? Jawabannya adalah dari biaya admin. Biaya admin TikTok Shop sendiri berubah-ubah dari tahun ke tahun. Lantas, berapa biaya admin TikTok Shop di tahun 2024 ini?

Sama seperti di berbagai marketplace lain, TikTok Shop menetapkan biaya admin yang dibebankan pada pihak seller. Karena itu, mengetahui biaya admin ini menjadi sebuah keharusan. Pasalnya, biaya admin ini akan sangat berpengaruh pada penentuan harga produk Anda. Nah dalam artikel ini, Our Donuts akan membahas mengenai biaya admin TikTok Shop terbaru tahun 2024. Tanpa banyak berbasa-basi lagi, yuk langsung simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Biaya Admin di TikTok Shop?

Biaya admin TikTok Shop adalah sejumlah biaya yang harus dibayarkan oleh seller kepada platform TikTok Shop sebagai kompensasi atas penjualan produk di platform tersebut. Nah TikTok sendiri membagi dua biaya admin secara umum yakni:

  • Biaya admin tetap, pengeluaran sebesar Rp2 ribu per transaksi. Penjual akan dikenakan secara tetap dalam setiap transaksi.
  • Biaya admin variabel, biaya yang dikenakan tergantung kategori produk yang dijual dengan rentang antara 1,9% sampai 4,3% dari harga produk.

Perhitungan Biaya Admin di TikTok

Berikutnya adalah perhitungan biaya admin di TikTok. Pada tanggal 1 Mei 2024 lalu, TikTok Shop mengubah skema perubahan dalam biaya admin. Status regular seller bahkan kini telah berubah menjadi power merchant. Alhasil, biaya admin TikTok Shop juga berubah menjadi kisaran 2% sampai 6,5%.

Nah perhitungan biaya admin di TikTok Shop sendiri dihitung berdasarkan kluster, kategori dan subkategori SKU yang dijual di TikTok Shop. Nah berikut ini adalah rincian perubahan potongan admin TikTok Shop 2024:

biaya admin tiktok shop 2024
Sumber: Evepro by Evermos

Kategori Produk [Grup 1-5]

  • Grup 1: Buku, dapur, elektronik, fashion anak & bayi, fashion muslim, fashion pria, fashion wanita, handphone & tablet, ibu & bayi, kamera, kecantikan, mainan & hobi, makanan & minuman, office & stationary, olahraga, otomotif,perawatan tubuh, perlengkapan pesta & craft, pertukangan, produk lainnya, rumah tangga, tour & travel dan wedding.
  • Grup 2: Dapur, elektronik, film & musik, gaming, ibu & bayi, kamera, kesehatan, komputer & laptop, mainan & hobi, makanan & minuman, office & stationery, otomotif, perawatan hewan, perlengkapan pesta & craft dan pertukangan.
  • Grup 3: Dapur, elektronik, fashion anak & bayi, fashion wanita, gaming, handphone & tablet, ibu & bayi, kamera, kecantikan, komputer & laptop, logam mulia, makanan & minuman, olahraga, otomotif, pertukangan dan properti.
  • Grup 4: Handphone & tablet otomotif.
  • Grup 5: Otomotif.

Kategori Produk [Grup A-E]

  • Grup A: Aksesoris kamera, audio, laptop, fashion, anak, fashion perempuan, fashion laki-laki, perlengkapan untuk aktivitas, bayi, ponsel, komponen tablet, make up, skin care, perawatan tubuh, makanan kering, VR, aksesori motor dan mobil, buku, alat tulis, aksesori pengantin laki-laki.
  • Grup B: Audio, kamera CCTV, perangkat elektronik kantor dan rumah, aksesori komputer dan gaming, komponen laptop, software, telepon, televisi, make up untuk wedding, perawatan hewan, film dan musik, ledeng, bangku, bateri jam, oli dan spaprt part mobil, sepeda, mainan anak, hampers.
  • Grup C: Kamera analog, kamera digital, kamera instan, drone, AC, elektronik dapur, aksesoris bayi, perhiasan anak, perhiasan wanita, bridal, perhiasan pria, vitamin dan suplemen, bahan kue, beras, kompor, grinder, penyimpanan makanan, emas, mesin jahit, sewa properti.
  • Grup D: Alat berat, motor listrik
  • Grup E: Mobil, mobil bekas, sepeda motor, sepeda motor bekas.

Cara Melihat dan Menghitung Total Biaya Admin TikTok

berapa biaya admin tiktok shop 2024

Setelah membahas apa itu biaya admin dan juga berbagai jenis kategori produk sesuai grup, selanjutnya Anda wajib untuk mengetahui bagaimana cara menghitung total biaua admin TikTok. Nah berikut ini adalah rumusan cara menghitung total biaya admin TikTok:

Biaya Admin = Harga Produk x Persentase Biaya Admin

Sementara itu, berikut ini adalah rumusan cara menghitung pendapatan bersih Anda:

Pendapatan Bersih = Harga Produk – Biaya Admin

Perlu diingat bahwa biaya tersebut berlaku di semua metode pembayaran termasuk:

  • Virtual account
  • Transfer bank
  • Kartu kredit
  • E-wallet
  • Alfamart
  • Indomaret
  • Alfamart
  • Cash on delivery (COD)

Pengaruh Biaya Admin TikTok Shop Terhadap Penjualan

Biaya admin adalah sesuatu yang wajib untuk para seller perhatikan. Pasalnya, biaya admin ini akan sangat berpengaruh pada penjualan toko Anda. Nah berikut ini adalah hal-hal yang dipengaruhi oleh biaya admin:

Kategori Produk

Kategori produk yang dikenakan biaya admin variabel lebih rendah cenderung memberikan pengaruh yang positif terhadap penjualan. Sebab, Anda dapat menentukan harga produk dengan lebih kompetitif sehingga Anda dapat menarik perhatian para pelanggan untuk berbelanja di toko Anda.

Strategi Pemasaran

Sama seperti berjualan secara offline, saat berjualan di TikTok Shop, Anda sangat membutuhkan strategi pemasaran yang efektif. Nah biaya admin ini sangat berpengaruh pada strategi pemasaran yang Anda lakukan. Jika Anda tidak mengubah strategi pemasaran yang tepat, seller akan terbebani dengan biaya admin yang terus meningkat.

Margin Keuntungan

Pengaruh yang terakhir dari biaya admin adalah margin keuntungan. Umumnya, seller yang mendapatkan keuntunggan yang besar tidak akan terpengaruh oleh perubahan biaya admin. Sebaliknya, jika ada seller yang mendapatkan keuntungan yang tipis, sekali adanya perubahan, bisa jadi merugi. Karena itu, seorang seller TikTok wajib memperhatikan setiap berita dan kebijakan terbaru dari platform agar dapat mengubah harga produk agar tetap menghasilkan keuntungan yang masuk akal.

Nah itulah penjelasan mengenai biaya admin TikTok Shop tahun 2024, cara menghitungnya sampai dengan pengaruh dari perubahan biaya admin. Semoga saja artikel ini dapat membantu Anda agar lebih memahami perihal biaya admin dan menghasilkan keuntungan yang besar dari TikTok.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *