Cara Daftar TikTok Shop dan Syarat dan Tips Berjualannya! - Our Donuts
cara daftar tiktok shop

Cara Daftar TikTok Shop dan Syarat dan Tips Berjualannya!

TikTok Shop adalah salah satu marketplace yang sangat populer di Indonesia. Bukan hanya populer, TikTok Shop sendiri telah menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang untuk belanja online. Karena sudah menjadi top of mind, TikTok Shop menjadi tempat yang potensial bagi para seller untuk berjualan dan menghasilkan omzet yang lebih besar. Tapi sebelum bicara soal penjualan, seller tentu harus mengetahui bagaimana cara daftar TikTok Shop beserta syarat-syaratnya.

Sudah banyak UMKM yang telah berhasil berbisnis di TikTok Shop. Bukan hanya UMKM, hampir semua brand besar juga aktif melakukan promosi di TikTok Shop. Hal ini membuktikan bahwa berjualan di TikTok Shop memang harus dilakukan. Dalam artikel ini, Our Donuts Agency ingin memberikan edukasi mengenai syarat sampai dengan cara daftar beserta tips untuk berjualan di TikTok Shop. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel ini sampai tuntas!

Syarat Daftar TikTok Shop

cara daftar tiktok shop

Sama seperti mendaftar untuk berjualan di platform lain, TikTok memberikan beberapa syarat untuk pebisnis yang ingin berjualan di platform TikTok Shop. Nah berikut ini adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk daftar TikTok Shop:

  • KTP/Paspor.
  • Mencantumkan informasi rekening bank yang valid.
  • Memiliki produk yang siap dijual.
  • Nama toko wajib merepresentasikan bisnis.
  • Menyiapkan informasi lengkap mengenai bisnis. Mulai dari jenis bisnis sampai alamat lengkap yang mencakup negara, provinsi, kabupaten, kode pos.

Cara Mengaktifkan TikTok Shop

Setelah mengetahui berbagai syarat yang dibutuhkan untuk membuka toko di TikTok Shop, saatnya kita masuk pada langkah-langkah bagaimana cara mengaktifkan dan mendaftar di TikTok Shop. Berikut adalah tutorial lengkapnya:

Buka TikTok Seller Center

Langkah pertama untuk mengaktifkan dan mulai berjualan di TikTok Shop adalah memiliki akun TikTok Seller Center. Anda dapat kunjungi https://seller-id.tokopedia.com/ atau klik di sini.

Daftar atau Login

Setelah membuka TikTok Seller Center, langkah selanjutnya adalah mendaftar untuk mendapatkan akun seller TikTok Shop. Jika belum pernah mendaftar, Anda dapat menggunakan akun TikTok Anda dengan menekan tombol Sign Up with TikTok Account. Jika pernah mendaftar, Anda tinggal lakukan login untuk masuk ke dashboard TikTok Seller Center.

Lengkapi Informasi Toko

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah melengkapi informasi toko. Hal ini bertujuan agar toko semakin maksimal karena informasi lengkap akan mempengaruhi kepercayaan pembeli. Data-data yang harus diisni mulai dari nama toko, deskripsi toko, lokasi toko sampai dengan kontak toko yang dapat dihubungi.

Lakukan Verifikasi

Setelah melengkapi semua informasi toko, Anda wajib untuk melakukan verifikasi dokumen terlebih dahulu. Anda bisa memilih tombol Verify Documents pada halaman utama TikTok Shop Seller Center, kemudian klik tombol Upload Documents.

Lengkapi data-data yang diminta oleh pihak TikTok agar bisa menjadi seller. Beberapa data yang dibutuhkan misalnya jenis bisnis. Terdapat dua pilihan yakni jenis bisnis perorangan dan jenis bisnis korporat. Jika perorangan, Anda wajib untuk mengupload foto KTP jelas dengan format .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png dengan ukuran maksimal 10MB. Jika semua data sudah benar, Anda tinggal klik tombol Submit untuk mengirimkan dokumen.

Tambahkan Produk ke Dalam Toko

Setelah semua verifikasi selesai, Anda sudah bisa mulai menambahkan produk ke dalam toko. Anda bisa mulai menambahkan produk lewat menu Add Product. Sebelum upload foto produk, lengkapi terlebih dahulu beberapa data produk mulai dari nama produk, kategori. Jika sudah, Anda bisa mulai mengupload foto produk. Maksimal, anda bisa mengupload 9 foto. Gunakan foto produk dengan rasio 1:1 atau square agar gambar terlihat jelas dan tidak buram.

Setelah selesai dengan foto, Anda harus mengisi informasi mengenai detail variasi produk. Mulai dari warna, ukuran, rasa dan berbagai pilihan variasi lainnya. Untuk mengaturnya, Anda bisa klik tombol Variation. Data berikutnya yang wajib diisi antara lain berat dan dimensi produk sampai harga produk.

Hubungkan Rekening Bank

Langkah terakhir untuk mengaktifkan TikTok Shop adalah menghubungkan nomor rekening untuk mendapatkan penghasilan dari toko. Caranya mudah. Anda bisa kembali ke halaman utama TikTok Seller Center lalu klik tombol Link Bank Account kemudian klik Link Account.

6 Tips Berjualan di TikTok Shop Agar Laris

cara daftar tiktok shop

Setelah mengetahui semua dasar bagaimana cara daftar TikTok Shop, Our Donuts Agency ingin memberikan tips bagaimana cara berjualan di TikTok Shop agar dapat laris. Tips ini dapat dilakukan oleh seller baru maupun seller yang sudah cukup berpengalaman berjualan di TikTok Shop.

1. Perkuat Branding Produk

Tips pertama tentu adalah memperkuat branding produk. Seperti kita tahu, branding adalah sesuatu yang sangat penting. Sebab dengan branding yang benar dan sesuai, target market maupun masyarakat secara luas dapat mengenal brand atau produk Anda. Hal ini menjadi sesuatu yang wajib dicapai jika Anda berjualan di TikTok Shop. Sebab, TikTok sendiri menjadi platform yang dapat meningkatkan brand awareness dari sebuah produk.

Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana sih cara kita untuk memperkuat branding produk? Tentu saja melakukan branding ini nggak dapat dilakukan sembarangan. Anda dapat memperkuat branding dengan berbagai cara. Mulai dari membuat campaign yang relevan dan up to date, membuat promosi produk sampai membuat konten yang unik dan konsisten. Ada banyak contoh brand yang berhasil melakukan branding di TikTok, salah satunya Tenue de Attire. Brand fashion ini berhasil melakukan branding menggunakan konten organik saja.

2. Optimasi Katalog Produk

Apa hal yang paling penting di toko TikTok Shop? Jawabannya tentu Shopping Tab. Shopping Tab sendiri merupakan etalase utama bagi sebuah toko di TikTok. Karena ini menjadi tampilan utama yang akan dilihat calon pelanggan, Anda harus membuat Shopping Tab lebih atraktif. Caranya? Tentu saja dengan melakukan pemantauan berkala serta optimasi dari setiap katalog produk.

Ada beberapa hal yang bisa Anda kerjakan saat melakukan optimasi katalog produk. Mulai dari peningkatan kualitas foto, judul dan deskripsi produk. Perhatikan gaya pengambilan foto produk yang paling sesuai dengan produk yang Anda jual. Perhatikan juga batas judul dan deskripsi produk agar selalu memuat kata kunci produk yang dijual. Jika Shopping Tab sudah teroptimasi, produk Anda akan berpotensi untuk muncul pertama di kolom pencarian produk.

3. Membuat Konten dengan Konsisten

Jika bicara soal penjualan, maka menggunakan ads atau iklan mungkin akan menjadi jawabannya. Namun, jangan lupa bahwa toko membutuhkan brand awareness sebelum dapat melakukan penjualan menggunakan Ads. Karena itu, hal yang mesti dilakukan oleh sebuah toko agar dapat bertahan dan bahkan laris di TikTok Shop adalah membuat konten organik dengan konsisten.

Anda harus membuat sebuah konten yang memang unik, original dan pastinya menarik bagi pengguna TikTok. Tidak perlu khawatir, Anda tidak wajib untuk membuat konten yang estetik. Sebab, TikTok sendiri bukanlah platform yang membutuhkan konten yang estetik. Cukup buat konten yang konsisten dan dapat menarik audiens pengguna atau membuat audiens mengingat konten yang Anda buat.

4. Gunakan TikTok Ads

Jika tips sebelumnya bicara soal konten organik, maka tips keempat untuk berjualan laris di TikTok Shop adalah menggunakan iklan atau TikTok Ads. Bagi Anda yang belum tahu, TikTok Ads sendiri merupakan fitur iklan yang dapat digunakan seller untuk mengiklankan atau mempromosikan produk dengan cara cepat, tertarget dan terukur.

Dengan TikTok Ads, Anda dapat mengatur iklan Anda ingin dilihat oleh audiens seperti apa sampai mengatur tujuan yang Anda inginkan. Apakah ingin menghasilkan brand awareness, penarikan data atau menghasilkan penjualan. Selain itu, dengan menggunakan TikTok Ads, Anda dapat melihat progress iklan sampai evaluasi iklan agar dapat menentukan strategi terbaik untuk dilakukan.

5. Gunakan Key Opinion Leader (KOL)

Hari ini, sosial media adalah tempat bagi content creator. Hal inilah yang kemudian membentuk istilah key opinion leader atau KOL atau influencer. KOL sendiri merupakan bagian dari digital marketing terkhusus social media marketing. Dengan menggunakan key opinion leader, Anda dapat menjual dan memperkenalkan produk melalui content creator yang memang Anda inginkan.

6. Gunakan Jasa Pengelolaan TikTok Terpercaya

Tips terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan jasa pengelolaan TikTok oleh agency. Umumnya, para seller besar maupun UMKM menggunakan jasa agency agar lebih mudah dalam mengatur progress dan perkembangan tokonya di TikTok Shop. Alhasil, Anda sebagai seller menjadi lebih fokus untuk mengatur dan mengembangkan bisnis secara keseluruhan.

Hari ini, ada banyak agency yang menyediakan jasa pengelolaan TikTok. Salah satunya adalah Our Donuts. Our Donuts sendiri merupakan digital agency yang dapat membantu mengembangkan dan mempromosikan produk atau layanan Anda secara digital. Our Donuts juga merupakan agency yang terpercaya dan sudah menangani pebisnis besar sampai UMKM. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai jasa pengelolaan TikTok Shop, ada bisa klik tautan di bawah ini!

Our Donuts – Jasa Kelola TikTok

Nah itulah syarat dan sampai cara daftar di TikTok Shop lengkap dengan 5 tips berjualan via TikTok agar lebih laris. Semoga saja artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenal dan mulai berjualan di TikTok Shop.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *